Rabu, 27 Maret 2013

HandyCache sebagai pengganti Squid

HandyCache sebagai pengganti Squid

Bagi yang sudah membaca tutorial HandyCache dengan MikroTik
jika anda tidak suka dengan internal proxy anda bisa memakai HandyCache RC1
seumpama anda sudah setting konfigurasi di HandyCache RC3 anda cukup timpah saja file HandyCache.exe dari RC1 ke RC3
jangan lupa hapus dulu file HandyCache.ini di folder HandyCache RC3 (sebaiknya backup HandyCache.exe dan HandyCache.ini)
jalankan exenya pilih bahasa English dan cek menu Access untuk mengisi ulang ipnya

karena HandyCache RC1 ini masih support transparant proxy dengan menggunakan rule dst.nat di MikroTik.
Hasilnya anda tidak repot-repot ngaktifin Internal-Proxy MikroTik lagi untuk redirect port http
cukup memakai dst.nat layaknya memakai proxy squid dan lihat di monitor HC ip apa yg masuk dan terblokir lalu tinggal bikin access untuk ip tersebut di Handycachenya.
Dengan begitu jaringan anda tidak terdeteksi memakai proxy silahkan test ke http://www.lagado.com/proxy-test
dan untuk cache test ke http://www.lagado.com/tools/cache-test
Kekurangan dari HC RC1 tidak support dengan plugin Contents Master
tetapi untuk performa cache tidak jauh beda dengan RC3, jadi kita hanya memakai HC ini sebagai cache handal sebagai alternatif dari squid.
Gallery
16 hari tanpa reboot / crash
rata2 HIT/from cache perhari
Spoilerfor ss:

Icon HIT/MISS realtime monitoring
Spoilerfor ss:

Struktur file cache sama persis dengan aslinya dari hostnya
Spoilerfor ss:

youtube hampir 8000 object total size 70GB dalam 16 hari
Spoilerfor ss:

Folder cache bisa dipakai/share ke mesin manapun semudah copy/paste
Spoilerfor ss:

Folder mengikuti domainnya
Spoilerfor ss:


dan yang paling menyenangkan settingan fresh kriterianya
contoh saya set 5 menit jika object dalam domain tersebut setelah lima menit file stamp masih sama maka yg diambil file dari cache
jika object dalam domain tersebut mengalami perubahan stamp/waktu create/edit maka file mengambil dari server/host dan mereplace file lama yang ada di cache.
Spoilerfor freshness:



Contoh kasus proses mereplace object lawas dan inilah keunggulan HandyCache

Spoilerfor irit:
ini proses loading file baru dari garena aka autoupdate perhatikan sizenya
karena handycache akan mereplace file lama di cache jika di server garena ada perubahan size dan file stamp atau file baru



dan ini proses HITnya


see tidak ada lagi istilah nyangkut untuk game online tinggal atur saja freshness criterianya sesuai server game masing-masing dengan sangat mudah klak-klik
Bagi yang belum kenal handycache silahkan main-main ke thread berikut:
HandyCache - internet lebih hemat dan cepat
silahkan pahami cara kerjanya dengan ujicoba pada satu pc anda sebelum melanjutkan ke tutorial yang lebih rumit.

Ok kita mulai sesuai judul menggabungkan HandyCache dengan MikroTik dalam satu mesin.

System minimal yang dibutuhkan:
Windows XP Profesional SP1 (rekomendasi)

12 Responses to HandyCache sebagai pengganti Squid

  1. panca December 17, 2011 at 11:58 am
    Ijin coba gan….
  2. salma January 2, 2012 at 9:31 am
    kalo dijaringan sebelumnya sudah memakai proxy external, trus memakai Handy C, ditiap klient, ato memakai konsep diatas , gimana om reges, thank.
    • reges007 January 2, 2012 at 5:37 pm
      yg tinggal pilih saja konsep disini ada 3
      1 pake bantuan internal-proxy
      2 cuma pake dst.nat tetapi memakai HC rc1
      3 stand alone di tiap pc dengan bantuan proxifier kemudian cache direktorinya memakai folder share (hanya untuk warnet kecil saja yg mau menghemat biaya dan teknis)
  3. arif January 11, 2012 at 9:31 am
    Pengaturan manglenya spt apa ya om untuk yang memakai HC RC1 ini?
    • reges007 January 12, 2012 at 12:11 am
      manglenya seperti biasa pada tutorial kebanyakan juga bisa koq
      cuma untuk mangle HITnya kagak ada jd ntar HIT tetap kelimit
      klo gk mau kelimit pake pcq_rate traffik yg ke proxy saja cm resikonya besar kalau rbnya gk kuat bisa lolos bandwitdh
  4. panca January 25, 2012 at 9:41 pm
    om selain RC1 ada ngak yang support transparent proxy pake dst-nat? biar kerja rb750 ane gak ngos2as, memori rb jadi kemakan banyak…
  5. aplusakunk March 2, 2012 at 9:48 pm
    mas kalau muncul begini di monitor hc nya kenapa ya
    ERROR
    Access denied
    Excuse me, Proxy Authentication Required.
  6. adist March 16, 2012 at 12:59 pm
    Bang mau nanya saya masih bingung pembuatan Rule NAT dan Pengisian IP di router dan PC HC nya..maaf masih newbie nihh
  7. adist March 16, 2012 at 1:59 pm
    2 cuma pake dst.nat tetapi memakai HC rc1
    Saya coba pakai Opsi 2 bang..namun belum berhasil yaitu bingung masalah NAT di RB 750 saya dan Pembuatan IP di Billing dan setting di clientnya krn rencana mau saya gabung dengan Billing (maklum dana terbatas)
    • reges007 March 16, 2012 at 4:04 pm
      klo mau di jadikan satu dng billing sebaiknya billingnya memakai 2 IP dalam sati ethernet
      jd bikin aja 2 IP subnet.


3 komentar:

  1. sangat menambah wawasan artikelnya gan,,, ijin share ya gan :)

    BalasHapus
  2. mas. kalau sudah terkonek ke HC, tapi kenapa untuk game online lambat ya.. bagimana pengaturan miglenya ? terima kasih.

    BalasHapus
  3. mas bisa settingkan handycache mas, berapa nmr hp mas

    BalasHapus