Sabtu, 13 April 2013

backup dan restore database usermanager mikrotik


Assalamu'alaikum

kali ini mari kita bahas contoh kasus kecil namun bisa berkakibat fatal jika diabaikan, Usermanager adalah sebuah tool billing hotspot di mikrotik dimana data-data user(pelanggan) tersimpan. ketika kita membuka usaha hotspot menggunakan mikrotik, barang tentu kita membutuhkan sebuah system yang bisa menangani AAA (Authentication, Authorization, Accounting) dan untungnya dimikrotik sudah tersedia toolnya yaitu usermanager.


mungkin kita yang membuka usaha hotspot dengan user harian tidak terlalu kesulitan ketika kita kehilangan data user yang telah kita buat, karena cukup kita buat ulang dengan pasilitas bath user, namun menjadi masalah besar ketika kita menyediakan layanan bulanan dan telah memiliki banyak user.


ketika terjadi masalah dengan router mikrotik kita dan kita belum sempat membackup database user, sudah barang pasti kita akan kebingungan. karena tidak mungkin kita mencatat secara manual Login,password,cookies,waktu mulai, masa berlangganan dll. dan tentunya menjadi lucu ketika ada cara otomatis namun kita masih menggunakan cara manual Big Grin.


nah untuk kasus ini mari kita coba kaji sebelum kita mengalami hal itu.

caranya cukup mudah

1. login ke mikrotik
2. ketikkan perintah berikut di terminal
Code:
/tool user-manager database save name=backup_db_userman
Untuk membackup
3.download filenya ke komputer

untuk restore cukup mengetikkan perintah berikut
Code:
/tool user-manager database load name=backup_db_userman

*catatan ketika kita restore, pastikan kita sudah mengupload data backupnya ke file list.

semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar